Kamis, 07 Juni 2012

Bersaing?? Siapa takut!


Motivasi yang sungguh luar biasa dari seorang yang luar biasa juga, salah seorang inspiratorku Pak Nindya Chandra Raharja. Setiap apa yang dia ucapkan begitu mengena di hati dan seolah menghipnotis. Beliau menginspirasiku banyak hal. Aku ingin seperti beliau yang bisa menjadi seorang pribadi yang menyenangkan, menginspirasi, fokus pada apa yang dicita-citakannya dengan bisa mengatasi tantangan-tantangan yang ada, dan yang terpenting dia tak pernah lupa akan Tuhannya, ibadah jalan terus. Sekarang beliau menjadi seorang yang sukses.
Aku ingin seperti beliau, mungkin kamu juga. Sebenarnya mudah saja bagi kita, karena kita tau teorinya dan pastinya sudah menuliskan semua target ke depan, serta semua kebiasaan positif yang seharusnya kita kerjakan setiap harinya. Walaupun semua kebiasaan  dan targetan itu belum terealisasi secara maksimal.  Kadang kita merasa ada yang salah dalam diri kita, ada yang hilang. Tapi kita juga tidak mengerti bagaimana bisa seperti itu. Memang ketika mood kita sedang bagus kita akan enjoy melakukan apa saja, tapi terkadang penyakit malas menyerang dan kita tidak dapat menepisnya. Dipaksakan pun tetap tidak bisa. Seharusnya kita tidak patah semangat, kalaupun ada tantangan kita harus bisa mengatasinya sesegera mungkin. Kita harus punya trik tersendiri untuk bisa melawan rasa malas, atau tantangan-tantangan lainnya, karena kadang apa yang dilakukan orang lain tidak bisa kita terapkan di diri kita. Setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk menepiskan hal-hal negatif yang datang menghampiri, misalnya menulis ‘curahan hati’, karena dengan itu kita akan dengan mudah meluapkan apa yang ada di pikiran kita, selain masalah yang diluapkan, kita akan menemukan sudut pandang (positif) untuk mengatasi masalah yang kita luapkan itu. Ada pula untuk mengatasi masalahnya dengan berbagi dengan sahabat, dengan itu kita juga akan menemukan sudut pandang yang berbeda. Intinya ketika kita menghadapi tantangan cobalah untuk mencari perspektif yang berbeda dari apa yang terpikirkan sebelumnya, dengan begitu kita akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi.  
Kita harus bisa menepiskan setiap gangguan yang dapat menghambat pencapaian kita. Ingat, hidup itu persaingan, kalo kita berhenti, stagnan, ga bergerak, kita akan tertinggal jauh. Ga mau kan? Kita harus bisa bersaing karena hidup itu sejatinya adalah sebuah persaingan. Persaingan disini bukan berarti iri dengan teman, kemudian menjatuhkan. Tidak juga dengan rendah diri ketika orang lain “lebih” dari kita, karena itu justru akan membuat kita mundur, kalah. Kita dan semua teman-teman harus bisa berjalan beriringan tak ada yang tertinggal, namun kita tetap harus unggul karena yang namanya berlomba-lomba tetap harus ada yang lebih unggul kan? Asalkan jangan kacang lupa akan kulitnya, unggul tapi sehat, dan sejahtera, yah…Unnes Sutera deh jadinya.
Jadi teruslah bergerak, tentukan targetanmu secara lebih spesifik lagi. Bergeraklah dengan passion yang kita miliki, jangan karena terpaksa atau karena tuntutan, tapi kita harus yakin apa yang kita lakukan pasti akan menuai hasil yang kita inginkan, bisa bermanfaat buat kita dan juga orang lain untuk ke depannya. Bekerja dengan passion itu penting, biar kita bisa enjoy menjalaninya. Teori seratus, tapi praktek?? Harus seratus juga, bukan nol. Kita pasti bisa.  Kita semua mempunyai potensi yang bisa kita kembangkan.  

0 komentar:

Posting Komentar