Selasa, 01 Mei 2012

Kekuatan Pagi


Setelah penat ada tidur yang lelap, terkadang hanya pekat dalam tidur, namun terkadang pula ada mimpi-mimpi yang mewarnai lelap kita. Apapun itu, selalu ada pagi yang membuat kita terjaga dari tidur untuk mengakhiri pekat ataupun warna-warni mimpi. Pada pagi yang seperti apa kita seharusnya terjaga? Jawabannya adalah saat pagi buta, saat mentari belum menampakkan cahayanya. Sebisa mungkin curilah start (dalam memulai hari), agar lebih cepat mencapai garis finish dibandingkan yang lain. ketika kita mampu bangun lebih awal, banyak aktivitas (positif) yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan kemenangan pada hari itu, dan kemenangan pada masa depan. Aktivitas positif yang dapat kita lakukan misalnya sholat malam kemudian shubuh, mengejar deadline, membaca buku, dan lain-lain.
Pagi itu saatnya kita menanam harapan-harapan yang akan kita capai pada hari itu, untuk segera diwujudkan dan dipetik hasilnya. Pasti kita semua punya harapan atau mimpi dalam hidup, dan dalam mewujudkan mimpi-mimpi itu kita butuh strategi, salah satunya adalah menanam mimpi pada pagi hari atau dengan kata lain membuat target-target dalam seharian itu, waktu yang kita lewati dapat terisi dengan produktivitas, yang akan kita nikmati hasil jangka pendeknya pada hari itu dan jangka panjangnya pada masa depan yaitu kesuksesan.
Dalam mewujudkan harapan kita pada hari itu atau hari-hari ke depan, perlu adanya energi (positif). Pagilah saat yang tepat untuk mengumpulkan energi baru setelah energi kita berkurang karena aktivitas pada hari sebelumnya. Energi dahsyat ini terasa karena pada pagi terdapat ketentraman, kesejukan, dan kejernihan karena segala kegalauan dan penat tlah terkubur dalam lelap kita semalam.
Selain harapan, tekad juga perlu tertanam pada diri, karena tekad itu akan melawan kemalasan yang mengganggu produktivitas kita pada hari itu. Produktivitas itu juga perlu diawali pada pagi hari, ketika kita produktif pada pada pagi hari akan berdampak (positif) pada aktivitas siang, sore, dan malam.  Karena hati, jiwa, fisik, dan pikiran sudah bergerak dari awal jadi hanya tinggal melanjutkan saja. Lain halnya ketika kita melewatkan pagi begitu saja dengan terlelap misalnya, semangat memulai hari akan berkurang karena kita tlah kehilangan energi ketentraman,kesejukan, dan kejernihan yang hanya dimiliki oleh pagi.
Upaya untuk menjadi pemenang tak hanya dengan mencuri start, menentukan target, mengumpulkan energi, dan produktif. Namun perlu adanya stretegi bagaimana kita dapat memenangkan hari itu. Kejernihan yang dimiliki pagi akan memudahkan kita menyusun strategi. Strategi manajemen waktu, mensiasati ketika ada godaan yang mengganggu aktivitas kita, strategi untuk produktivitas pada hari itu, dan strategi-strategi yang lain.
Kondisikan hati, jiwa, pikiran, dan fisik untuk mempersiapkan aktivitas seharian. Kondisikan hati dan jiwa dari kegalauan kemarin, setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Pada pagilah kita bangkit dari keterpurukan untuk berlari menuju perbaikan. Kondisikan pikiran dari keruwetan masalah kemarin, selesaikan dengan strategi yang tlah disusun. Kondisikan fisik dari kepenatan kemarin dengan sedikit menggerakan tubuh karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.
Awali hari dengan basmallah, berharap dalam langkah yang kita pijakan di hari itu ada Allah yang menyertai kita, untuk melindungi, membimbing, mengarahkan, dan memberi petunjuk. Karena apapun yang tlah kita persiapkan untuk hari itu, takkan pernah terwujud tanpa ridho-Nya.
Pagi itu terlalu berharga untuk dilewatkan begitu saja kawan, curi start, tentukan targetmu kumpulkan energimu, susun strategimu dan produktiflah. Jadikan pagimu berharga, untuk meraih kehidupan yang berharga pula ke depannya.

2 komentar:

Titis Firman mengatakan...

"Pagi itu terlalu berharga untuk dilewatkan begitu saja kawan, curi start, tentukan targetmu kumpulkan energimu, susun strategimu dan produktiflah. Jadikan pagimu berharga, untuk meraih kehidupan yang berharga pula ke depannya."

i like but i'm very late to wake up *LOL

Rayi Wigati mengatakan...

lha itu masalahnya... -______-

Posting Komentar